CEDS UNPAD

Kajian Penyusunan Indeks Gini di Kab.Sumedang

Kabupaten Sumedang sebagai salah satu daerah strategis dalam jalur mobilisasi dan memiliki sumber daya potensial memegang peran penting dalam pembangunan, khususnya pembangunan Propinsi Jawa Barat. Saat ini Kabupaten Sumedang disamping merupakan salah satu penyumbang Sektor Pertanian bagi perekonomian Jawa Barat, juga merupakan lokasi berbagai perguruan tinggi terkemuka sebagai tempat investasi sumber daya manusia. 

Peran Kabupaten Sumedang dalam pembangunan di atas tentunya tidak terlepas dari kuatnya pondasi pembangunan di seluruh wilayah Kabupaten Sumedang, yang terdiri dari 26 Kecamatan. Dilihat dari aspek ekonomi, pembangunan ekonomi yang diukur dengan laju pertumbuhan ekonomi (LPE) pada tahun 2007-2011 selalu mengalami peningakatan. Namun demikian dari seluruh kecamatan tersebut, hanya 6 kecamatan yang memiliki LPE di atas pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sumedang.
Terkait dengan visi dan misi RPJMD 2009-2013 mengenai bidang mata pencaharian layak dan berkesinambungan, terdapat tantangan bahwa peningkatan LPE di Kabupaten Sumedang belum berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.  Walaupun Indeks Gini Kabupaten Sumedang pada tahun 2011 menunjukkan angka ketimpangan rendah yaitu 0,3 namun pembangunan perlu menjamin bahwa di tingkat kecamatan atau pelosok terdapat pemertaan akses yang lebih berkeadilan terhadap seluruh sumber daya ekonomi di Kabupaten Sumedang.

Dengan demikian untuk mengetahui seberapa besar pemerataan pembangunan, khususnya pemerataan ekonomi di tingkat kecamatan di Kabupaten Sumedang, diperlukan adanya pengukuran distribusi pendapatan di tingkat kecamatan. Salah satu alat yang dapat digunakan adalah Indeks Gini yang merupakan suatu alat untuk mengukur tingkat ketimpangan pembangian pendapatan relatif antar penduduk suatu negara atau wilayah yang telah diakui secara luas. Lebih lanjut, terkait dengan rencana pembangunan tata ruang yang tertuang dalam RTRW Kabupaten Sumedang di atas, pengukuran Indeks Gini yang dilakukan secara berkesinambungan diperlukan untuk melihat ada atau tidaknya peningkatan pemerataan pendapatan terkait dengan pembangunan infrastruktur.


Discussant: Dr. Bagdja Muljarijadi

 

Research seminar series in economics (RSSE) is regularly held seminars featuring the findings of all research projects of Center for Economics and Development Studies (CEDS). In this open seminar, research findings are scrutinized by external discussants and discussed by seminar's participants. RSSE is a core part of our mission in improving academic atmosphere within the university and increasing the quality
of our research outputs.

Find Us on Facebook

About Us

Center for Economics and Development Studies is a research center under the Department of Economics, Padjadjaran University, Indonesia. A leading research institute in Indonesia in the area of economics and development studies.
You are here: Home Seminars RSSE | Research Seminars Kajian Penyusunan Indeks Gini di Kab.Sumedang