CEDS UNPAD

Evaluasi PD Kebersihan Kota Bandung

Sampah merupakan salah satu masalah penting yang harus segera ditanggulangi oleh seluruh pemerintah kota di Indonesia, tidak terkecuali Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Khusus untuk Kota Bandung, pengelolaan sampahnya saat ini diserahkan kepada PD Kebersihan, hal ini berbeda dengan kota/kabupaten lainnya di Indonesia, dimana pengelolaan sampahnya di atur oleh sebuah Kantor Dinas.

Salah satu tujuan utama dari keberadaan sebuah perusahaan daerah adalah sebagai sumber pendapatan asli daerah, akan tetapi dalam perjalanannya, PD. Kebersihan terus mengalami kerugian sehingga setiap tahunnya hingga perlu diberikan subsidi oleh Pemerintah Kota Bandung sebagai pemegang saham.
Berdasarkan kenyataan yang sedang terjadi saat ini, maka dirasa perlu untuk melakukan kajian akademis mengenai sumber-sumber dari kerugian dari PD. Kebersihan. Selain mengidentifikasi sumber-sumber kerugian, kajian ini juga diharapkan mampu untuk memberikan rekomendasi perubahan agar keberadaan PD. Kebersihan tidak lagi membebankan keuangan Pemkot Bandung.


Discussant: Dr. Endang Taufiqurahman

 

Research seminar series in economics (RSSE) is regularly held seminars featuring the findings of all research projects of Center for Economics and Development Studies (CEDS). In this open seminar, research findings are scrutinized by external discussants and discussed by seminar's participants. RSSE is a core part of our mission in improving academic atmosphere within the university and increasing the quality
of our research outputs.

Find Us on Facebook

About Us

Center for Economics and Development Studies is a research center under the Department of Economics, Padjadjaran University, Indonesia. A leading research institute in Indonesia in the area of economics and development studies.
You are here: Home Seminars RSSE | Research Seminars Evaluasi PD Kebersihan Kota Bandung