CEDS UNPAD

Kajian Strategis Model Ekonomi Computable General Equilibrium BAPPENAS

E-mail Print PDF

Kajian ini berusaha memperkenalkan sebuah alat analisis yang dapat menganalisis permasalahan kemiskinan dan ketimpangan secara simultan. Untuk itu, kajian ini berusaha mengaplikasikan sebuah alat analisis pada berbagai isu dan permasalahan kebijakan dewasa ini dan sekaligus melengkapi berbagai alat analisis yang telah ada. Alat analisis yang dimaksudkan adalah model komputasi keseimbangan umum atau lebih dikenal dengan model Computable General Equilibrium (CGE). Dalam kajian ini, model CGE diaplikasikan pada empat topik permasalahan, yaitu: (i) analisis pertumbuhan pengangguran pada sektor manufaktur dan implikasinya pada kemiskinan di Indonesia; (ii) analisis pengaruh langsung dan tidak langsung dari transfer tunai di Indonesia; (iii) analisis pengurangan subsidi pada bahan bakar minyak; dan (iv) analisis goncangan eksternal dan pengaruhnya pada kemiskinan di Indonesia. 

Model CGE yang dikembangkan dalam kajian ini diaplikasikan pada empat topik permasalahan, yaitu: (i) analisis pertumbuhan pengangguran pada sektor manufaktur dan implikasinya pada kemiskinan di Indonesia; (ii) analisis pengaruh langsung dan tidak langsung dari transfer tunai di Indonesia; (iii) analisis pengurangan subsidi pada bahan bakar minyak; dan (iv) analisis goncangan eksternal dan pengaruhnya pada kemiskinan di Indonesia. Bagian ini memberikan penjelasan singkat dari setiap aplikasi yang meliputi latar belakang, simulasi, hasil dan pembahasan.

Penelitian ini beranggotakan: Dr. Arief Anshory Yusuf, Dr. Achmad Kemal Hidayat, Dr. Wawan Hermawan,  Ahmad Komarulzaman, SE, M. Sc, Heriyaldi, SE, Me, Megananda, SE




Last Updated ( Sunday, 03 April 2016 15:15 )  

Find Us on Facebook

About Us

Center for Economics and Development Studies is a research center under the Department of Economics, Padjadjaran University, Indonesia. A leading research institute in Indonesia in the area of economics and development studies.
You are here: Home Research Past research projects Kajian Strategis Model Ekonomi Computable General Equilibrium BAPPENAS